RPP 2 FLUIDA STATIS
Lampiran 2
Rencana
Pelaksanaan Pembelajara (RPP)
Kelas
Eksperimen
Nama
Sekolah :
SMK Putra Anda Binjai
Mata
Pelajaran :
FISIKA
MateriPokok :
Fluida Statis
Sub
Materi Pokok :
Prinsip Pascal
Alokasi
Waktu :
8 JP
(
2 x Pertemuan)
Pertemuan : 3
__________________________________________________________________
A.
Kompetensi
Inti
KI.
1: Menghayati dan mengamalkan ajaran yang
dianutnya
KI. 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),santun
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebaga bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI. 3: Memahami, menerapkan , menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidangkajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
KI. 4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode
sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
1.1
Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2 Menyadari
kebesaran Tuhan yang menciptakan keseimbangan dan perubahan seperti konsep
prinsip pascal sehingga memungkinkan manusia mengembangkan teknologi
untuk mempermudah kehidupan.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif;
jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka;
kritis; kreatif; inovatif dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam
melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi.
2.2 Menghargai kerja
individu
dan kelompok
dalam
aktivitas
sehari-hari
sebagai
wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.7 Menerapkan hukum-hukum pada fluida statis
dalam kehidupan sehari-hari
4.7 Merencanakan dan melaksanakan percobaan yang
memanfaatkan sifat-sifat fluida untuk mempermudah suatu pekerjaan
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1 Meningkatkan
keimanan terhadap tuhan yang maha esa yang telah memberi manusia karunia berupa akal sehingga tercipta
teknologi
dengan penerapan prinsip pascal dan hukum archimedes
1.2.1 Menunjukkan prilaku religius atas kebesaran Tuhan yang telah memberi manusia akal sehingga tercipta
teknologi dengan
penerapan prinsip pascal untuk mempermudah kehidupan
2.1.1 Menunjukkan rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi terhadap teknologi
dengan
penerapan prinsip pascal
2.2.1
Menunjukkan sikap kerjasama dalam diskusi kelompok
3.7.1
Mengemukakan konsep prinsip
pascal
3.7.2
Memformulasikan
prinsip
pascal
3.7.3
Mengkategorikan peralatan yang merupakan penerapan
prinsip
pascal
3.7.4
Menganalisis prinsip pascal
3.7.5
Menerapkan prinsip pascal dalam
kehidupan sehari-hari
4.7.1 Merancang proyek tentang prinsip
pascal
4.7.2 Melakukan proyek tentang prinsip
pascal
4.7.3 Menyimpulkan proyek tentang prinsip pascal
D. Materi Pembelajaran
1. Prinsip Pascal
Ketika anda memencet salah satu ujung
sebuah tabung pasta gigi untuk mengeluarkan pasta di ujung lainnya, Anda sedang
melakukan prinsip Pascal. Prinsip ini juga merupakan dasar dari manuver
Heimlich, di mana peningkatan tekanan yang tajam diterapkan dengan tepat ke
dalam perut di bawah ke tenggorokan, membuat makanan yang tertampung di sana
dikeluarkan. Prinsip tersebut dengan jelas dinyatakan pertama kali pada tahun
1652 oleh Blaise Pascal.
Prinsip Pascal dan Tuas Hidrolik
Gambar 14-8 menunjukkan bagaimana
prinsip pascal dapat dijadikan dasar dari tuas hidrolik. Dalam operasinya ,
biarkan gaya eksternal sebesar F
diarahkan ke bawah
pada piston sisi kiri (atau input), yang luas permukaannya adalah A
, Cairan yang tidak dapat dimampatkan yang terdapat dalam
alat tersebut kemudian menghasilkan gaya ke atas yang besarny F
pada piston sisi kanan
(atau output), yang luas permukaannya adalah A
. Untuk menjaga sistem dalam kesetimbangan, harus ada gaya
yang besarnya F
yang mengarah ke bawah
pada piston output dari beban eksternal (tidak tampak). Gaya
diterapkan pada piston
di kiri dan gaya
yang bergerak ke bawah
dari beban di sebelah kanan menghasilkan perubahan tekanan
cairan yang
ditunjukkan dengan
maka
Pers. 14-13 menunjukkan bahwa
gaya output F
pada beban harus lebih
besar daripada gaya input F
jika
˃
, seperti pada kasus dalam
Gambar 14-8.
Jika kita menekan piston input ke bawah dengan jarak
, maka piston output bergerak ke atas dengan jarak
, sehingga volume V yang sama dari cairan yang tidak dapat
dimampatkan dipindah pada kedua piston. Maka
V =
=
yang dapat kita tulis dengan
Hal ini menunjukkan bahwa, jika
˃
(seperti pada gambar
14-8), piston output bergerak dalam jarak yang lebih kecil daripada gerakan
piston input.
Dari pers. 14-13 dan 14-14 kita dapat menulis usaha
output sebagai
yang menunjukkan bahwa usaha
W terselesaikan pada piston input dengan gaya yang diterapkan sama dengan usaha
W yang dikerjakan oleh piston output dalam mengangkat beban yang berada di
atasnya.
Dengan tuas hidrolik, gaya tertentu
yang diterapkan pada jarak tertentu dapat diubah menjadi gaya yang lebih besar
yang diterapkan pada jarak yang lebih kecil.
Hasil kali gaya dan jarak tetap tidak berubah
sehingga usaha yang sama terselesaikan. Namun, sering terdapat keuntungan besar
jika kita dapat mengerahkan gaya yang lebih besar. Kebanyakan dari kita,
contohnya saja, tidak dapat mengangkat sebuah kendaraan secara langsung, tetapi
dapat melakukannya dengan dongkrak hidrolik, walaupun kita harus memompa
pegangannya lebih jauh daripada kenaikan kendaraan tersebut. Dalam alat ini,
pemindahan d
dicapai bukan dengan
satu gaya melainkan melalui serangkaian gaya-gaya kecil.
Hukum
Pascal
Atmosfer Bumi memberikan tekanan pada
setiap benda yang bersentuhan dengannya, termasuk juga berbagai fluida lainnya.
Tekanan eksternal yang bekerja pada sebuah fluida akan diteruskan ke seluruh
bagian fluida tersebut. Sebagai contoh, menurut Pers. 10-3a, tekanan dari (yang
diberikan) air pada kedalaman 100 m di bawah permukaan danau adalah P =
= (1000 kg/m
) (9,8 m/s
) (100 m) = 9,8 x 10
N/m
atau 9,7 atm. Akan
tetapi, tekanan total pada titik kedalaman ini adalah penjumlahan dari tekanan
air ditambah tekanan udara di atasnya (air itu). Sehingga, tekanan totalnya (jika
ketinggian permukaan danau mendekati permukaan laut) adalah 9,7 atm + 1,0 atm =
10,7 atm. Hal ini hanyalah merupakan salah satu contoh dari sebuah hukum alam yang
ditemukan oleh ilmuwan dan filsuf asal Prancis, Blaise Pascal (1623-1662). Hukum Pascal menyatakan bahwa jika tekanan eksternal diberikan pada suatu
fluida yang berada di dalam wadah, tekanan di setiap titik di dalam fluida itu
akan bertambah sebesar jumlah (tekanan eksternal) tersebut.
Sejumlah peralatan praktis bekerja
dengan memanfaatkan hukum Pascal. Salah satu contohnya adalah dongkrak
hidrolik, yang diilustrasikan dalam Gambar 10-6a, pada mana gaya input yang
kecil digunakan untuk mengerahkan gaya output lebih besar daripada luas bidang
piston input. Untuk memahami bagaimana cara kerja alat ini, kita akan
mengasumsikan bahwa piston input dan piston output memiliki tinggi yang sama
(setidaknya mendekati sama). Kemudian gaya input ekternal F
, menurut hukum Pascal, pada ketinggian yang sama (lihat
Gambar 10-6a).
dimana
besaran-besaran input dilambangkan dengan subskrip in dan besaran-besaran
output dengan subskrip out. Karen P = F/A, kita dapat menuliskan persamaan di
atas menjadi
atau
Besaran F
/ F
di atas disebut
keuntungan mekanis dari sebuah dongkrak hidrolik, dan nilainya sama dengan
rasio luas bidang piston output dengan piston input. Sebagai contoh jika luas
bidang piston output 20 kali lebih besar daripada luas bidang silinder input,
maka gaya input akan diperbesar menjadi 20 kali lipatnya sehingga gaya sebesar
200 lb dapat mengangkat mobil sebesar 400 Ib.
Gambar 10-6b menggambarkan sebuah
sitem rem mobil. Bilamana sang pengemudi menekan pedal rem, tekanan di dalam
silinder induk akan bertambah. Pertambahan tekanan ini akan diteruskan ke
seluruh bagian minyak rem (fluida), sehingga mendorong kanvas rem (brake pads)
untuk menekan cakram yang terpasang pada roda mobil.
E.
METODE PEMBELAJARAN
Model : Project
Based Learning (PjBL)
Metode : Ceramah, tanya jawab, proyek, dan
demonstrasi dan diskusi
kelompok
Pendekatan :
Saintifik
F.
MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media
·
Video
pembelajaran
2.
Sumber Belajar
·
Douglas
C, Giancoli. 2001.Fisika Edisi kelima
Jilid 1. Jakarta: Erlangga
·
Halliday,
et al. 2016. Fisika Dasar Edisi Ketujuh
Jilid 1. Jakarta: Erlangga
G. Kegiatan Pembelajaran
Langkah Pembelajaran
|
Sintaks Model Pembelajaran
|
Deskripsi Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
|||||||||
Guru
|
Peserta didik
|
|||||||||||
|
|
·
Guru memberi salam dilanjutkan dengan
menanyakan kabar peserta didik dan kesiapan belajar
·
Guru mengecek kehadiran peserta didik
·
Guru memberikan apersepsi dan motivasi
o
Guru mereview materi pertemuan sebelumnya
tentang tekanan
o
Guru memberikan apersepsi
dengan menunjukkan sebuah video tentang beberapa contoh peralatan yang
menerapkan prinsip pascal dalam kehidupan sehari-hari dan
|
·
Peserta didik menjawab salam guru
·
Peserta didik mendengarkan penjelasan
guru
·
Mengamati
:
o Peserta
didik mengamati video yang diberikan oleh guru
·
Menanya
:
o Peserta didik bertanya
tentang video yang diberikan oleh guru
|
10’
|
||||||||
1
|
Get an idea (memperoleh ide/gagasan)
|
·
Memusatkan perhatian
siswa dengan menampilkan video
tentang beberapa peralatan yang menggunakan penerapan prinsip pascal
·
Setelah video
selesai, guru memberikan pernyataan,
o
Sebutkan macam-macam peralatan yang menggunakan
penerapan prinsip pascal dalam kehidupan sehari-hari?
o
Sebutkan macam-macam peralatan yang menggunakan
penerapan hukum pascal dalam kehidupan sehari-hari?
o Bagaimanakah
prinsip kerja dongkrak hidrolik pada video ?
|
·
Mengamati
:
o Memperhatikan video yang ditampilkan oleh guru.
·
Mengkomunikasikan
:
o
Peserta didik menjawab pertanyaan yang
diajukan oleh guru
|
10’
|
||||||||
2
|
Design the project (Mendesain proyek)
|
·
Guru mengarahkan peserta didik membentuk
kelompok dan berdiskusi merencanakan sebuah proyek tentang prinsip pascal
·
Guru meminta salah satu kelompok memilih
atau mengundi tema proyek tentang prinsip
pascal
·
Guru meminta siswa untuk mengumpulkan informasi
yang relevan dari berbagai sumber (internet, buku),
mengarahkan siswa untuk bertanya dan membagikan lembar rencana proyek kelompok
· Memberikan pengarahan
untuk mengerjakan proyek 2 dengan
membagikan LKS 2 kepada siswa
·
Guru memberikan
penjelasan/aturan main berkaitan dengan proyek tentang prinsip pascal misalnya dilakukan secara berkelompok, waktu pengerjaannya dan
penyelesaian proyek serta jenis-jenis penilaian yang akan dilakukan.
· Guru memberikan masukan
kepada peserta didik terhadap rancangan proyek
|
·
Peserta didik membentuk kelompok 4-5
orang secara heterogen
·
Salah satu peserta didik memilih atau
mengundi tema proyek tentang prinsip
pascal di depan kelas
·
Menanya
o
Memberikan pertanyaaan, misalnya :
§
Bagaimanakah konsep
prinsip pascal ?
§
Sebutkan contoh-contoh
peralatan yang menggunakan penerapan prinsip pascal ?
§
Bagaimanakah prinsip kerja
dongkrak hidrolik ?
§
Bagaimanakah prinsip kerja
pada alat pres (kempa)
§
Bagaimanakah sistem
hidrolik pada truk ?
·
Mengumpulkan informasi
o Berdiskusi dengan
kelompoknya untuk mendesain proyek sesuai dengan tugas yang telah ditentukan
· Berdiskusi dengan teman dan guru untuk
menyusun jadwal pelaksanaan proyek
·
Mencoba
:
·
Peserta didik mengumpulkan informasi
mengenai prinsip pascal
·
Mengolah
Informasi :
o
Peserta didik merencanakan sebuah proyek tentang
rancangan prinsip pascal
o
Peserta didik membuat strategi
penyelesaian proyek tentang rancangan prinsip pascal
misalnya :
§
Penentuan ketua kelompok
§
Alat dan bahan proyek
§
Gambar rancangan proyek
§
Prinsip kerja proyek
§
Penerapan proyek dalam kehidupan
sehari-hari
o
Peserta didik mendengarkan masukan dari
guru
|
30’
|
||||||||
3
|
Tune the project (menyelaraskan proyek)
|
· Membantu dan membimbing siswa dalam menyusun
penjadwalan pelaksanaan proyek mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan,
persiapan dan presentasi untuk menyelaraskan dengan jadwal yang dibuat oleh
guru.
·
Membantu
dan membimbing siswa dalam mengumpulkan bahan-bahan yang diperlukan
· Guru
mengarahkan peserta didik berdiskusi menyusun jadwal sebuah proyek
prinsip pascal
|
· Berdiskusi dengan teman dan guru untuk
menyusun jadwal pelaksanaan proyek
proyek prinsip pascal
· Berdiskusi dan bekerja sama dengan kelompoknya untuk
mengumpulkan informasi dari berbagai sumber yang mendukung (buku, internet) sesuai tugas.
·
Mencoba
:
o
Peserta didik secara berkelompok menyusun
jadwal sebuah proyek prinsip
pascal
o
Contoh jadwal kegiatan proyek
|
30’
|
||||||||
4
|
Do the project
(mengerjakan proyek)
|
·
Selama penyelesaian proyek, guru memonitor aktivitas
yang penting dari peserta didik, misal:
o
Alat dan bahan rancangan proyek “prinsip pascal
o
Desain rancangan proyek “prinsip pascal
o Menanyakan
kesulitan yang mereka temui pada saat pembuatan proyek “prinsip pascal
·
Memantau
dan membimbing siswa dalam mengerjakan proyeknya
· Guru memberikan nilai hasil
presentasi masing-masing kelompok tentang proyek proyek “prinsip pascal
· Guru memberikan pertanyaan
tentang proyek proyek “prinsip
pascal
· Guru memberikan saran-saran
tentang model proyek proyek “prinsip
pascal
|
·
Mengomunikasikan
:
o
Peserta didik menunjukkan hasil Alat dan bahan
rancangan proyek “prinsip pascal
o
Peserta didik menunjukkan hasil Desain rancangan
proyek “prinsip pascal
o
Peserta didik Menjelaskan kesulitan yang mereka
temui pada saat pembuatan “prinsip pascal
· Mengasosiasikan
o
Siswa dan kelompoknya mengerjakan proyek yang sudah
ditentukan
·
Mencoba :
o
Menguji keberfungsian proyek “prinsip pascal
·
Mengkomunikasikan :
o
Peserta didik mempresentasikan hasil proyek “prinsip pascal
di depan kelas
o
Menyampaikan desain/rancangan proyek “prinsip pascal
o
Menyampaikan kesulitan-kesulitan dalam pembuatan
proyek “prinsip pascal
o
Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan guru
dan rekan-rekannya mengenai proyek “prinsip
pascal
·
Mengamati :
o
Peserta didik mengamati saran – saran yang
diberikan oleh guru
|
40’
|
||||||||
5
|
Exhibit the project (menampilkan proyek)
|
· Memberi arahan untuk mempersiapkan
presentasi dari proyek masing-masing kelompok
· Guru mendengarkan
pengalaman peserta didik setiap kelompok selama pembuatan proyek “prinsip pascal
·
Guru melakukan refleksi terhadap aktivitas selama merancang dan
membuat proyek “prinsip pascal
·
Guru memberikan soal tes uraian untuk melihat kemampuan akhir peserta
didik
|
·
Mengkomunikasikan
o
Mempersiapkan untuk mempresentasikan proyeknya
·
Mengkomunikasikan :
· Peserta didik mendengarkan
refleksi aktivitas selama merancang dan membuat proyek “prinsip pascal
·
Peserta didik mengerjakan tes uraian yang diberikan oleh guru secara
mandiri
|
50 ’
|
||||||||
Penutup
|
·
Mengucapkan
salam penutup
|
· Menjawab salam
guru
|
|
10’
|
H.
Instrumen penilaian
1.
Instrumen penilaian
afektif
a.
Pedoman Observasi Spiritual
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan
rasa syukur atas karunia Tuhan
|
|
|
|
|
3
|
Memberi salam sebelum dan sesudah
menyampaikan pendapat/presentasi
|
|
|
|
|
4
|
Mengungkapkan
kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran
Tuhan
|
|
|
|
|
5
|
Merasakan
keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
|
|
|
|
|
Isilah pernyataan
berikut dengan jujur.
Untuk No. 1
s.d. 5, isilah
dengan
angka 4 – 1 didepan tiap pernyataan:
4 :
selalu 2 : kadang-kadang
3 :
sering 1 : tidak pernah
Sesuai Permendikbud No 104 Tahun 2015 peserta didik memperoleh nilai adalah
:
Sangat Baik (SB) : skor
: 3,51 -
4,00
Baik
(B) : skor : 2,51 - 3,50
Cukup (C) : skor : 1,51 – 2,50
Kurang (K) : skor : 1,00 – 1,50
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
b.
Pedoman Observasi Sosial
No
|
Nama siswa
|
Aspek prilaku yang dinilai
|
keterangan
|
|||
|
|
Bekerja sama
|
Rasa ingin tahu
|
disiplin
|
Peduli lingkungan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
Pedoman
observasi terhadap diskusi, tanya jawab, dan percakapan
Nama
peserta didik
|
Pernyataan
|
|||||||
|
Mengungkapkan
gagasan yang orisinal
|
Kebenaran
konsep
|
Ketepatan
menggunakan istilah
|
Dan
lain sebagainya
|
||||
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d.
Penilaian diri untuk aspek sikap
partisipasi
dalam kelompok
nama :
Nama
anggota kelompok :
Kegiatan
kelompok :
NO
|
Aspek
yang dinilai
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1
|
Selama diskusi
saya mengusulkan ide kepada
kelompok untuk didiskusikan
|
|
|
|
|
2
|
Ketika kami
berdiskusi, tiap orang
diberi kesempatan
mengusulkan sesuatu
|
|
|
|
|
3
|
Semua anggota
kelompok kami melakukan
sesuatu selama kegiatan
|
|
|
|
|
4
|
Tiap orang
sibuk dengan yang
dilakukannya dalam kelompok saya
|
|
|
|
|
|
Selama kerja kelompok,
saya….
|
|
|
|
|
5
|
mendengarkan orang
lain
|
|
|
|
|
6
|
mengajukan pertanyaan
|
|
|
|
|
7
|
mengorganisasi ide-ide
saya
|
|
|
|
|
8
|
mengorganisasi
kelompok
|
|
|
|
|
8
|
mengacaukan kegiatan
|
|
|
|
|
9
|
Melamun
|
|
|
|
|
10
|
Apa yang kamu lakukan
selama kegiatan?, tulis komentar anda....
|
Isilah pernyataan
berikut dengan jujur.
Untuk No. 1
s.d. 10, isilah
dengan
angka 4 – 1 didepan tiap pernyataan:
4 :
selalu 2 : kadang-kadang
3 :
sering 1 : tidak pernah
Sesuai Permendikbud No 104 Tahun 2015 peserta didik memperoleh nilai adalah
:
Sangat Baik (SB) : skor
: 3,51 -
4,00
Baik
(B) : skor : 2,51 - 3,50
Cukup (C) : skor : 1,51 – 2,50
Kurang (K) : skor : 1,00 – 1,50
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
e.
Penilaian teman sebaya (peer assessment)
No
|
Pernyataan
|
Skala
|
|||
1
|
Teman saya berkata benar,
apa adanya kepada orang lain
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2
|
Teman saya mengerjakan
sendiri tugas-tugas sekolah
|
|
|
|
|
3
|
Teman saya mentaati
peraturan (tata-tertib) yang diterapkan
|
|
|
|
|
4
|
Teman saya memperhatikan
kebersihan diri sendiri
|
|
|
|
|
5
|
Teman saya memperhatikan
kebersihan diri sendiri
|
|
|
|
|
6
|
Teman saya mengembalikan
alat kebersihan, pertukangan, olah raga, laboratorium yang sudah selesai
dipakai ke tempat penyimpanan semula
|
|
|
|
|
7
|
Teman saya terbiasa
menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan petunjuk guru
|
|
|
|
|
8
|
Teman saya menyelesaikan
tugas tepat waktu apabila diberikan tugas oleh guru
|
|
|
|
|
9
|
Teman saya berusaha
bertutur kata yang sopan kepada orang lain
|
|
|
|
|
10
|
Teman saya berusaha
bersikap ramah terhadap orang lain
|
|
|
|
|
11
|
Teman saya menolong teman
yang sedang mendapatkan kesulitan
|
|
|
|
|
Isilah pernyataan
berikut dengan jujur.
Untuk No. 1
s.d. 11, isilah
dengan
angka 4 – 1 didepan tiap pernyataan:
4 :
selalu 2 : kadang-kadang
3 :
sering 1 : tidak pernah
Sesuai Permendikbud No 104 Tahun 2015 peserta didik memperoleh nilai adalah
:
Sangat Baik (SB) : skor
: 3,51 -
4,00
Baik
(B) : skor : 2,51 - 3,50
Cukup (C) : skor : 1,51 – 2,50
Kurang (K) : skor : 1,00 – 1,50
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
2.Instrumen penilaian
Keterampilan
a.
Laporan Kegiatan Pembelajaran
Berbasis Proyek
Laporan kegiatan pembelajaran berbasis
proyek dapat berupa laporan kegiatan merancang, menguji alat dan laporan
penelitian/hasil pengujian alat yang dilakukan dengan menggunakan model
rancangan yang dibuat.
Berikut ini contoh laporan merancang alat.
1)
Merancang Proyek Prinsip
Pascal
·
LAPORAN TUGAS RANCANGAN PROYEK PRINSIP PASCAL
MATA PELAJARAN
|
Fisika
|
TOPIK
|
Fluida Statis
|
SUB
TOPIK
|
Prinsip
Pascal
|
TUGAS
|
Merancang Proyek Prinsip Pascal
|
KELOMPOK
|
|
KELAS
|
X
|
Tugas
|
Laporan
Kegiatan
|
Mengkaji konsep
Prinsip
Pascal
dari buku
sumber,
internet
|
Tanggal :
|
|
|
Laporan :
|
|
|
|
Merancang pembuatan Proyek Prinsip
Pascal
|
Tujuan:
|
|
|
Alat:
|
|
Bahan :
|
|
|
|
Gambar rancangan Proyek Prinsip
Pascal :
|
|
|
|
Cara kerjanya
:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Laporan Praktik Uji Coba Proyek Prinsip Pascal
|
2)
LAPORAN PENGUJIAN TEKANAN PADA PRINSIP
PASCAL
MATA PELAJARAN
|
Fisika
|
TOPIK
|
Fluida Statis
|
SUB
TOPIK
|
Prinsip
Pascal
|
TUGAS
|
Merancang Proyek Prinsip Pascal
|
KELOMPOK
|
|
KELAS
|
|
Tahap kegiatan
|
Laporan
Hasil pengamatan
|
1.
Uji coba 1
|
|
2.
Uji coba 2
|
|
3.
dst
|
|
|
|
Catatan : sertakan hasil
ujicoba yang paling baik untuk laporan.
3) Penilaian Produk
FORMAT PENILAIAN PRODUK
Materi Pelajaran Kelompok
:
Nama Proyek Kelas
Alokasi Waktu
Indikator Yang Dinilai
|
Skor
|
|
Maksimal
|
Siswa
|
|
Tahap Persiapan (kemampuan merencanakan):
1. Mengembangkan
gagasan produk
2. Menentukan
alat dan bahan membuat produk
|
20
|
|
Tahap Pembuatan produk :
1. Kemampuan
menggunakan bahan untuk membuat produk
2. Kemampuan
menggunakan alat untuk membuat produk
3. Kemampuan
menggunakan teknik pembuatan produk
|
50
|
|
Tahap penilaian produk :
1. Kemampuan
peserta didik membuat produk sesuai dengan tema yang diusung
2. Produk
memenuhi kriteria keindahan dan kerapian hasil akhir
|
30
|
|
Jumlah Total Skor
|
100
|
|
Sumber : Buku
Karangan Kokom Komalasari “ Pembelajaran “ hal : 164
Penskoran =
4)
Penilaian Portofolio
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas/semester : X/II
Peminatan : Fisika
Tahun
ajaran :
2016/2017
Judul portofolio :
Pelaporan Proyek Prinsip Pascal
Tujuan :
Peserta didik dapat membuat proyek Prinsip Pascal
Ruang lingkup :
Karya portofolio yang dikumpulkan adalah
laporan seluruh hasil rancangan alat dan laporan proyek Merancang Proyek Prinsip
Pascal
Uraian
tugas portofolio
- Buatlah
laporan kegiatan merancang alat, bahan, dan laporan proyek Prinsip Pascal
- Setiap
laporan dikumpulkan selambat-lambatnya seminggu setelah peserta didik
melaksanakan tugas
5. Instrumen Penilaian Kognitif
1.
Gaya
yang besarnya 5 N pada penghisap yang kecil dari suatu pompa hidrolik dapat
mengangkat beban dengan berat 600 N yang terdapat pada penghisap besar. Jika
penghisap kecil memiliki luas penampang 4 cm2 maka luas penampang yang besar
adalah.....(skor 20 )
2.
Perhatikan gambar berikut. Jika jari-jari pada pipa
kecil adalah 4 cm dan jari-jari pipa besar adalah 16 cm, tentukan besar gaya
minimal yang diperlukan untuk mengangkat beban 160 kg adalah.....(skor 20 )
3.
Tekanan
gauge maksimum pada dongkrak hidrolik adalah 10 atm. Berapa massa maksimum (kg)
yang dapat diangkat jika diameter keluaran adalah 20 cm ? (skor 20 )
4.
Perbandingan
diameter pipa kecil dan pipa besar dari sebuah alat berdasarkan hukum Pascal
adalah 1 : 25. Jika alat hendak dipergunakan untuk mengangkat beban seberat
12000 Newton, tentukan besar gaya yang harus diberikan pada pipa kecil
adalah.....(skor 20 )
5.
Seorang anak akan menaikkan batu bermassa 1 ton menggunakan
alat seperti yang ditunjukkan pada gambar ! hitung gaya yang diperlukan untuk
mengangkat batu tersebut jika luas penampang pipa besar 250 kali luas penampang
pipa kecil !(skor 20 )
Jawaban
1.
Diketahui:
F
= 5 N
F
= 600 N
A
= 4 cm2
Ditanya: A
= ...
F
F
A
Ditanya: A
Jawab
A
= 480 cm
2.
Pembahasan
:
P1 = P2
P1 = P2
F
=
1600
F
=
1600
F
=
(1600)
F
= 100 N
F
F
F
3.
Diketahui :
1 atm = 1,013 x 105 N/m2
p ukur = 10 atm = (10)(1,013 x 105 N/m2) = 10,13 x 105 N/m2
F
= 10,13 x 105 N/m2
A
= 1 m2
A2 = (3,14)(0,10 m)2 = 0,0314 m2
Ditanya : F2 ?
Jawab :
p =
atau
1 atm = 1,013 x 105 N/m2
p ukur = 10 atm = (10)(1,013 x 105 N/m2) = 10,13 x 105 N/m2
F
A
A2 = (3,14)(0,10 m)2 = 0,0314 m2
Ditanya : F2 ?
Jawab :
p =
1.013.000 =
F2 =
31.808 N
Massa
maksimum :
w = m g
31.808 = m (9,8)
m = 3.245,7 kg
w = m g
31.808 = m (9,8)
m = 3.245,7 kg
4.
D1 =
1
D2 = 25
F2 = 12000 N
D2 = 25
F2 = 12000 N
5.
Diketahui :
m : 1000 kg
F
= m g = 1000(10) =
10000 N
A
= 250 A
ditanya :
F
. . . .?
Jawab :
P
= P
m : 1000 kg
F
A
ditanya :
F
Jawab :
P
What is a casino that holds more than $5,000? - DrMCD
BalasHapusA casino with a casino and the amount you winnings depends on whether you 하남 출장안마 win 청주 출장샵 or 김포 출장샵 lose. The amount you 여주 출장마사지 win varies throughout the 세종특별자치 출장샵 gambling