RPP 2 FLUIDA STATIS

Lampiran 2
Rencana Pelaksanaan Pembelajara (RPP)
Kelas Eksperimen
Nama Sekolah                : SMK Putra Anda Binjai
Mata Pelajaran              : FISIKA
Kelas/ Semester              : X/II
MateriPokok                  : Fluida Statis
Sub Materi Pokok         : Prinsip Pascal
Alokasi Waktu               : 8 JP ( 2 x Pertemuan)
Pertemuan                      : 3
__________________________________________________________________
A.      Kompetensi Inti
KI.  1:   Menghayati dan mengamalkan ajaran yang dianutnya
KI. 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),santun responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebaga bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI. 3:              Memahami, menerapkan , menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidangkajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI. 4Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
           



B.       Kompetensi Dasar
1.1  Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan keseimbangan dan perubahan seperti konsep prinsip pascal sehingga  memungkinkan manusia mengembangkan teknologi untuk mempermudah kehidupan.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi.
2.2 Menghargai  kerja  individu  dan  kelompok  dalam  aktivitas  sehari-hari  sebagai  wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.7  Menerapkan hukum-hukum pada fluida statis dalam kehidupan sehari-hari
4.7  Merencanakan dan melaksanakan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida untuk mempermudah suatu pekerjaan
C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1 Meningkatkan keimanan terhadap tuhan yang maha esa yang telah memberi manusia  karunia berupa akal sehingga tercipta teknologi dengan penerapan prinsip pascal dan hukum archimedes
1.2.1 Menunjukkan prilaku religius atas kebesaran Tuhan yang telah memberi manusia akal sehingga tercipta teknologi dengan penerapan prinsip pascal untuk mempermudah kehidupan
2.1.1 Menunjukkan rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi terhadap teknologi dengan penerapan prinsip pascal
2.2.1        Menunjukkan sikap kerjasama dalam diskusi kelompok




3.7.1         Mengemukakan konsep prinsip pascal
3.7.2         Memformulasikan prinsip pascal
3.7.3         Mengkategorikan peralatan yang merupakan penerapan prinsip pascal
3.7.4         Menganalisis prinsip pascal
3.7.5         Menerapkan prinsip pascal dalam kehidupan sehari-hari

4.7.1 Merancang proyek tentang prinsip pascal
4.7.2 Melakukan proyek tentang prinsip pascal
4.7.3  Menyimpulkan proyek tentang prinsip pascal


D.    Materi Pembelajaran
1.         Prinsip Pascal
            Ketika anda memencet salah satu ujung sebuah tabung pasta gigi untuk mengeluarkan pasta di ujung lainnya, Anda sedang melakukan prinsip Pascal. Prinsip ini juga merupakan dasar dari manuver Heimlich, di mana peningkatan tekanan yang tajam diterapkan dengan tepat ke dalam perut di bawah ke tenggorokan, membuat makanan yang tertampung di sana dikeluarkan. Prinsip tersebut dengan jelas dinyatakan pertama kali pada tahun 1652 oleh Blaise Pascal.
Prinsip Pascal dan Tuas Hidrolik


            Gambar 14-8 menunjukkan bagaimana prinsip pascal dapat dijadikan dasar dari tuas hidrolik. Dalam operasinya , biarkan gaya eksternal sebesar F  diarahkan ke bawah pada piston sisi kiri (atau input), yang luas permukaannya adalah A , Cairan yang tidak dapat dimampatkan yang terdapat dalam alat tersebut kemudian menghasilkan gaya ke atas yang besarny F  pada piston sisi kanan (atau output), yang luas permukaannya adalah A . Untuk menjaga sistem dalam kesetimbangan, harus ada gaya yang besarnya F  yang mengarah ke bawah pada piston output dari beban eksternal (tidak tampak). Gaya  diterapkan pada piston di kiri dan gaya  yang bergerak ke bawah dari beban di sebelah kanan menghasilkan perubahan tekanan  cairan yang ditunjukkan dengan
maka
                                .....................................................................(14-13)
Pers. 14-13 menunjukkan bahwa gaya output F  pada beban harus lebih besar daripada gaya input F  jika  ˃  , seperti pada kasus dalam Gambar 14-8.
            Jika kita menekan piston input ke bawah dengan jarak , maka piston output bergerak ke atas dengan jarak , sehingga volume V yang sama dari cairan yang tidak dapat dimampatkan dipindah pada kedua piston. Maka
V =  =
yang dapat kita tulis dengan
                                     ................................................................(14-14)
            Hal ini menunjukkan bahwa, jika  ˃  (seperti pada gambar 14-8), piston output bergerak dalam jarak yang lebih kecil daripada gerakan piston input.
            Dari pers. 14-13 dan 14-14 kita dapat menulis usaha output sebagai
               .................................................(14-15)
yang menunjukkan bahwa usaha W terselesaikan pada piston input dengan gaya yang diterapkan sama dengan usaha W yang dikerjakan oleh piston output dalam mengangkat beban yang berada di atasnya.
Keuntungan tuas hidrolik adalah
Dengan tuas hidrolik, gaya tertentu yang diterapkan pada jarak tertentu dapat diubah menjadi gaya yang lebih besar yang diterapkan pada jarak yang lebih kecil.

Hasil kali gaya dan jarak tetap tidak berubah sehingga usaha yang sama terselesaikan. Namun, sering terdapat keuntungan besar jika kita dapat mengerahkan gaya yang lebih besar. Kebanyakan dari kita, contohnya saja, tidak dapat mengangkat sebuah kendaraan secara langsung, tetapi dapat melakukannya dengan dongkrak hidrolik, walaupun kita harus memompa pegangannya lebih jauh daripada kenaikan kendaraan tersebut. Dalam alat ini, pemindahan d  dicapai bukan dengan satu gaya melainkan melalui serangkaian gaya-gaya kecil.
Hukum Pascal
            Atmosfer Bumi memberikan tekanan pada setiap benda yang bersentuhan dengannya, termasuk juga berbagai fluida lainnya. Tekanan eksternal yang bekerja pada sebuah fluida akan diteruskan ke seluruh bagian fluida tersebut. Sebagai contoh, menurut Pers. 10-3a, tekanan dari (yang diberikan) air pada kedalaman 100 m di bawah permukaan danau adalah P =  = (1000 kg/m ) (9,8 m/s ) (100 m) = 9,8 x 10 N/m  atau 9,7 atm. Akan tetapi, tekanan total pada titik kedalaman ini adalah penjumlahan dari tekanan air ditambah tekanan udara di atasnya (air itu). Sehingga, tekanan totalnya (jika ketinggian permukaan danau mendekati permukaan laut) adalah 9,7 atm + 1,0 atm = 10,7 atm. Hal ini hanyalah merupakan salah satu contoh dari sebuah hukum alam yang ditemukan oleh ilmuwan dan filsuf asal Prancis, Blaise Pascal (1623-1662). Hukum Pascal menyatakan bahwa jika tekanan eksternal diberikan pada suatu fluida yang berada di dalam wadah, tekanan di setiap titik di dalam fluida itu akan bertambah sebesar jumlah (tekanan eksternal) tersebut.
            Sejumlah peralatan praktis bekerja dengan memanfaatkan hukum Pascal. Salah satu contohnya adalah dongkrak hidrolik, yang diilustrasikan dalam Gambar 10-6a, pada mana gaya input yang kecil digunakan untuk mengerahkan gaya output lebih besar daripada luas bidang piston input. Untuk memahami bagaimana cara kerja alat ini, kita akan mengasumsikan bahwa piston input dan piston output memiliki tinggi yang sama (setidaknya mendekati sama). Kemudian gaya input ekternal F , menurut hukum Pascal, pada ketinggian yang sama (lihat Gambar 10-6a).
dimana besaran-besaran input dilambangkan dengan subskrip in dan besaran-besaran output dengan subskrip out. Karen P = F/A, kita dapat menuliskan persamaan di atas menjadi
atau
             Besaran F  / F  di atas disebut keuntungan mekanis dari sebuah dongkrak hidrolik, dan nilainya sama dengan rasio luas bidang piston output dengan piston input. Sebagai contoh jika luas bidang piston output 20 kali lebih besar daripada luas bidang silinder input, maka gaya input akan diperbesar menjadi 20 kali lipatnya sehingga gaya sebesar 200 lb dapat mengangkat mobil sebesar 400 Ib.
            Gambar 10-6b menggambarkan sebuah sitem rem mobil. Bilamana sang pengemudi menekan pedal rem, tekanan di dalam silinder induk akan bertambah. Pertambahan tekanan ini akan diteruskan ke seluruh bagian minyak rem (fluida), sehingga mendorong kanvas rem (brake pads) untuk menekan cakram yang terpasang pada roda mobil.



E.            METODE PEMBELAJARAN
Model              : Project Based Learning  (PjBL)
Metode            : Ceramah, tanya jawab, proyek, dan demonstrasi dan diskusi
                          kelompok
Pendekatan     : Saintifik

F.             MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Media
·      Video pembelajaran
2.      Sumber Belajar
·      Douglas C, Giancoli. 2001.Fisika Edisi kelima Jilid 1. Jakarta: Erlangga
·      Halliday, et al. 2016. Fisika Dasar Edisi Ketujuh Jilid 1. Jakarta: Erlangga
 G.     Kegiatan Pembelajaran
Langkah Pembelajaran
Sintaks Model Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Guru
Peserta didik


·            Guru memberi salam dilanjutkan dengan menanyakan kabar peserta didik dan kesiapan belajar

·            Guru mengecek kehadiran peserta didik

·            Guru memberikan apersepsi dan motivasi

o  Guru mereview materi pertemuan sebelumnya tentang  tekanan
o  Guru memberikan apersepsi dengan menunjukkan sebuah video tentang beberapa contoh peralatan yang menerapkan prinsip pascal dalam kehidupan sehari-hari dan











·        Peserta didik menjawab salam guru






·       Peserta didik mendengarkan penjelasan guru
·        Mengamati :
o    Peserta didik mengamati video yang diberikan oleh guru
·        Menanya :
o    Peserta didik bertanya tentang video yang diberikan oleh guru



10’
1
Get an idea (memperoleh ide/gagasan)
·             Memusatkan perhatian siswa dengan menampilkan video tentang beberapa peralatan yang menggunakan penerapan prinsip pascal



·             Setelah video selesai, guru memberikan pernyataan,
o   Sebutkan macam-macam peralatan yang menggunakan penerapan prinsip pascal dalam kehidupan sehari-hari?
o   Sebutkan macam-macam peralatan yang menggunakan penerapan hukum pascal dalam kehidupan sehari-hari?
o    Bagaimanakah prinsip kerja dongkrak hidrolik pada video ?

·        Mengamati :
o    Memperhatikan video yang ditampilkan oleh guru.


·       Mengkomunikasikan :
o      Peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru

10’
2
Design the project (Mendesain proyek)










































·             Guru mengarahkan peserta didik membentuk kelompok dan berdiskusi merencanakan sebuah proyek tentang prinsip pascal
·             Guru meminta salah satu kelompok memilih atau mengundi tema proyek tentang prinsip pascal



·         Guru meminta siswa untuk mengumpulkan informasi yang relevan dari berbagai sumber (internet, buku), mengarahkan siswa untuk bertanya dan membagikan lembar rencana proyek kelompok



















·   Memberikan pengarahan untuk mengerjakan  proyek 2 dengan  membagikan LKS 2 kepada siswa















·       Guru memberikan penjelasan/aturan main berkaitan dengan proyek tentang prinsip pascal misalnya dilakukan secara berkelompok, waktu pengerjaannya dan penyelesaian proyek serta jenis-jenis penilaian yang akan dilakukan.


















·   Guru memberikan masukan kepada peserta didik terhadap rancangan proyek

·       Peserta didik membentuk kelompok 4-5 orang secara heterogen

·       Salah satu peserta didik memilih atau mengundi tema proyek tentang prinsip pascal di depan kelas

·       Menanya
o   Memberikan pertanyaaan, misalnya :
§   Bagaimanakah konsep prinsip pascal ?
§   Sebutkan contoh-contoh peralatan yang menggunakan penerapan prinsip pascal ?
§   Bagaimanakah prinsip kerja dongkrak hidrolik ?
§   Bagaimanakah prinsip kerja pada alat pres (kempa)
§   Bagaimanakah sistem hidrolik pada truk ?
·       Mengumpulkan informasi
o   Berdiskusi dengan kelompoknya untuk mendesain proyek sesuai dengan tugas yang telah ditentukan

·  Berdiskusi dengan teman dan guru untuk menyusun jadwal pelaksanaan proyek
·       Mencoba :
·                     Peserta didik mengumpulkan informasi mengenai prinsip pascal
·                     Mengolah Informasi :
o    Peserta didik merencanakan sebuah proyek tentang rancangan prinsip pascal
o    Peserta didik membuat strategi penyelesaian proyek  tentang rancangan prinsip pascal
misalnya :
§  Penentuan ketua kelompok
§  Alat dan bahan proyek
§  Gambar rancangan proyek
§  Prinsip kerja proyek
§  Penerapan proyek dalam kehidupan sehari-hari

  • Mengamati :
o    Peserta didik mendengarkan masukan dari guru

30’
3





Tune the project (menyelaraskan proyek)








































·  Membantu dan membimbing siswa dalam menyusun penjadwalan pelaksanaan proyek mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, persiapan dan presentasi untuk menyelaraskan dengan jadwal yang dibuat oleh guru.

·   Membantu dan membimbing siswa dalam mengumpulkan bahan-bahan yang diperlukan






·   Guru mengarahkan peserta didik berdiskusi menyusun jadwal sebuah proyek prinsip pascal







































































































·  Berdiskusi dengan teman dan guru untuk menyusun jadwal pelaksanaan proyek
proyek prinsip pascal


·  Berdiskusi dan bekerja sama dengan kelompoknya untuk mengumpulkan informasi dari berbagai sumber yang mendukung (buku, internet) sesuai tugas.

·            Mencoba :
o    Peserta didik secara berkelompok menyusun jadwal sebuah proyek prinsip pascal


o    Contoh jadwal kegiatan proyek

Jadwal
Rencana Kegiatan
·  Perancangan proyek di (pertemuan 3 )
·  Mengkaji konsep prinsip pascal dari berbagai sumber buku, internet,
·  Merancang pembuatan proyek “prinsip pascal
·  Melaporkan rancangan pembuatan proyek “prinsip pascal
Menguji proyek (pertemuan ke 4)
·   Membawa alat dan bahan rancangan proyek prinsip pascal
·   Membuat rancangan proyek “prinsip pascal
·   Mencatat proses pembuatan proyek “prinsip pascal
·   Melakukan uji coba proyek “prinsip pascal





Pelaporan proyek (pertemuan 4 )
·   Membuat laporan proyek “prinsip pascal




















































30’









































4
Do the project
(mengerjakan proyek)



















































·             Selama penyelesaian proyek, guru memonitor aktivitas yang penting dari peserta didik, misal:
o       Alat dan bahan rancangan proyek “prinsip pascal




o       Desain rancangan proyek “prinsip pascal





o       Menanyakan kesulitan yang mereka temui pada saat pembuatan proyek “prinsip pascal  





·   Memantau dan membimbing siswa dalam mengerjakan proyeknya











·   Guru memberikan nilai hasil presentasi masing-masing kelompok tentang proyek proyek prinsip pascal














·   Guru memberikan pertanyaan tentang proyek proyek prinsip pascal 















·   Guru memberikan saran-saran tentang model proyek proyek prinsip pascal  

·           Mengomunikasikan :
o  Peserta didik menunjukkan hasil Alat dan bahan rancangan proyek “prinsip pascal



o  Peserta didik menunjukkan hasil Desain rancangan proyek “prinsip pascal 


o  Peserta didik Menjelaskan kesulitan yang mereka temui pada saat pembuatan “prinsip pascal



·       Mengasosiasikan
o    Siswa dan kelompoknya mengerjakan proyek yang sudah ditentukan

·        Mencoba :
o   Menguji keberfungsian proyek “prinsip pascal

·        Mengkomunikasikan :
o   Peserta didik mempresentasikan hasil proyek “prinsip pascal
di depan kelas
o   Menyampaikan desain/rancangan proyek “prinsip pascal







o   Menyampaikan kesulitan-kesulitan dalam pembuatan proyek “prinsip pascal


o   Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan guru dan rekan-rekannya mengenai proyek “prinsip pascal



·         Mengamati :
o    Peserta didik mengamati saran – saran yang diberikan oleh guru












40’











































5
Exhibit the project (menampilkan proyek)























·   Memberi arahan untuk mempersiapkan presentasi dari proyek masing-masing kelompok





·   Guru mendengarkan pengalaman peserta didik setiap kelompok selama pembuatan proyek “prinsip pascal








·            Guru melakukan refleksi terhadap aktivitas selama merancang dan membuat proyek “prinsip pascal




·            Guru memberikan soal tes uraian untuk melihat kemampuan akhir peserta didik

























·           Mengkomunikasikan
o    Mempersiapkan  untuk mempresentasikan proyeknya



·           Mengkomunikasikan :
  • Peserta didik diminta untuk mengungkapkan pengalamannya selama menyelesaikan proyek



·   Peserta didik mendengarkan refleksi aktivitas selama merancang dan membuat proyek “prinsip pascal  


·            Peserta didik mengerjakan tes uraian yang diberikan oleh guru secara mandiri




50 ’



































Penutup
·   Mengucapkan salam penutup
·   Menjawab salam guru

10’
















H.      Instrumen penilaian

1.        Instrumen penilaian afektif

a.        Pedoman Observasi Spiritual

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi




4
Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan




5
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan




Isilah  pernyataan  berikut  dengan  jujur.  Untuk  No.  1  s.d.  5,  isilah
dengan angka 4 – 1 didepan  tiap pernyataan:
4 : selalu          2 : kadang-kadang 
3 : sering          1 : tidak pernah 

Sesuai Permendikbud No 104 Tahun 2015 peserta didik memperoleh nilai adalah :
Sangat Baik            (SB)    : skor : 3,51 - 4,00
Baik                        (B)      : skor : 2,51 - 3,50
Cukup         (C)       : skor : 1,51 – 2,50
Kurang       (K)       : skor : 1,00 – 1,50

Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

















b.        Pedoman Observasi Sosial

No
Nama siswa
Aspek prilaku yang dinilai
keterangan


Bekerja sama
Rasa ingin tahu
disiplin
Peduli lingkungan













































c.         Pedoman observasi terhadap diskusi, tanya jawab, dan percakapan

Nama peserta didik
Pernyataan

Mengungkapkan gagasan yang orisinal
Kebenaran konsep
Ketepatan menggunakan istilah
Dan lain sebagainya

Ya
Tidak
Ya
tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak




























































d.        Penilaian diri untuk aspek sikap

partisipasi dalam kelompok
nama                                  :
Nama anggota kelompok   :
Kegiatan kelompok            :


NO
Aspek yang dinilai
4
3
2
1
1
Selama  diskusi  saya mengusulkan  ide  kepada  kelompok  untuk didiskusikan




2
Ketika  kami  berdiskusi,  tiap  orang  diberi  kesempatan
mengusulkan  sesuatu




3
Semua  anggota  kelompok  kami  melakukan  sesuatu  selama kegiatan




4
Tiap  orang  sibuk  dengan  yang  dilakukannya  dalam  kelompok saya





Selama kerja kelompok, saya….




5
mendengarkan orang lain 




6
mengajukan pertanyaan 




7
mengorganisasi ide-ide saya 




8
mengorganisasi kelompok 




8
mengacaukan kegiatan 




9
Melamun




10
Apa yang kamu lakukan selama kegiatan?, tulis komentar anda....


Isilah  pernyataan  berikut  dengan  jujur.  Untuk  No.  1  s.d.  10,  isilah
dengan angka 4 – 1 didepan  tiap pernyataan:
4 : selalu          2 : kadang-kadang 
3 : sering          1 : tidak pernah 

Sesuai Permendikbud No 104 Tahun 2015 peserta didik memperoleh nilai adalah :
Sangat Baik            (SB)    : skor : 3,51 - 4,00
Baik                        (B)      : skor : 2,51 - 3,50
Cukup         (C)       : skor : 1,51 – 2,50
Kurang       (K)       : skor : 1,00 – 1,50

Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :









e.         Penilaian teman sebaya (peer assessment)

No
Pernyataan
Skala
1
Teman saya berkata benar, apa adanya kepada orang lain
1
2
3
4
2
Teman saya mengerjakan sendiri tugas-tugas sekolah




3
Teman saya mentaati peraturan (tata-tertib) yang diterapkan




4
Teman saya memperhatikan kebersihan diri sendiri




5
Teman saya memperhatikan kebersihan diri sendiri




6
Teman saya mengembalikan alat kebersihan, pertukangan, olah raga, laboratorium yang sudah selesai dipakai ke tempat penyimpanan semula




7
Teman saya terbiasa menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan petunjuk guru




8
Teman saya menyelesaikan tugas tepat waktu apabila diberikan tugas oleh guru




9
Teman saya berusaha bertutur kata yang sopan kepada orang lain




10
Teman saya berusaha bersikap ramah terhadap orang lain




11
Teman saya menolong teman yang sedang mendapatkan kesulitan






Isilah  pernyataan  berikut  dengan  jujur.  Untuk  No.  1  s.d.  11,  isilah
dengan angka 4 – 1 didepan  tiap pernyataan:
4 : selalu          2 : kadang-kadang 
3 : sering          1 : tidak pernah 

Sesuai Permendikbud No 104 Tahun 2015 peserta didik memperoleh nilai adalah :
Sangat Baik            (SB)    : skor : 3,51 - 4,00
Baik                        (B)      : skor : 2,51 - 3,50
Cukup         (C)       : skor : 1,51 – 2,50
Kurang       (K)       : skor : 1,00 – 1,50

Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
















2.Instrumen penilaian Keterampilan

a.    Laporan Kegiatan Pembelajaran Berbasis Proyek

Laporan kegiatan pembelajaran berbasis proyek dapat berupa laporan kegiatan merancang, menguji alat dan laporan penelitian/hasil pengujian alat yang dilakukan dengan menggunakan model rancangan yang dibuat.
Berikut ini contoh laporan merancang alat.
1)        Merancang Proyek Prinsip Pascal 

·   LAPORAN TUGAS RANCANGAN PROYEK PRINSIP PASCAL
   MATA PELAJARAN
Fisika
TOPIK
Fluida Statis
SUB TOPIK
Prinsip Pascal
TUGAS

Merancang Proyek Prinsip Pascal
KELOMPOK

KELAS
X
Tugas
Laporan Kegiatan
 Mengkaji konsep
 Prinsip Pascal
dari buku sumber,
  internet
Tanggal :

Laporan :

Merancang pembuatan Proyek Prinsip Pascal











Tujuan:

Alat:
Bahan :

Gambar rancangan Proyek Prinsip Pascal  :









Cara kerjanya :










Laporan Praktik Uji Coba Proyek Prinsip Pascal



2)        LAPORAN PENGUJIAN TEKANAN PADA PRINSIP PASCAL
MATA PELAJARAN
Fisika
TOPIK
Fluida Statis
SUB TOPIK
Prinsip Pascal

TUGAS
Merancang Proyek Prinsip Pascal
KELOMPOK

KELAS

Tahap kegiatan
Laporan Hasil pengamatan
1.        Uji coba 1

2.        Uji coba 2

3.        dst




Catatan : sertakan hasil ujicoba yang paling baik untuk laporan.























3)  Penilaian Produk
FORMAT PENILAIAN PRODUK

Materi Pelajaran                                                          Kelompok :
Nama Proyek                                                              Kelas
Alokasi Waktu

Indikator Yang Dinilai
Skor
Maksimal
Siswa
Tahap Persiapan (kemampuan merencanakan):
1.      Mengembangkan gagasan produk
2.      Menentukan alat dan bahan membuat produk
20

Tahap Pembuatan produk :
1.      Kemampuan menggunakan bahan untuk membuat produk
2.      Kemampuan menggunakan alat untuk membuat produk
3.      Kemampuan menggunakan teknik pembuatan produk

50

Tahap penilaian produk :
1.      Kemampuan peserta didik membuat produk sesuai dengan tema yang diusung
2.      Produk memenuhi kriteria keindahan dan kerapian hasil akhir
30

Jumlah Total Skor
100


Sumber : Buku Karangan Kokom Komalasari “ Pembelajaran “ hal : 164
Penskoran =
















4) Penilaian Portofolio

Mata Pelajaran                        : Fisika 
Kelas/semester                        : X/II
Peminatan                               : Fisika
Tahun ajaran                            : 2016/2017
Judul portofolio                      : Pelaporan Proyek Prinsip Pascal
Tujuan                                     : Peserta didik dapat membuat proyek Prinsip Pascal
Ruang lingkup :
Karya portofolio yang dikumpulkan adalah laporan seluruh hasil rancangan alat dan laporan proyek Merancang Proyek Prinsip Pascal
Uraian tugas portofolio
  1. Buatlah laporan kegiatan merancang alat, bahan, dan laporan proyek Prinsip Pascal
  2. Setiap laporan dikumpulkan selambat-lambatnya seminggu setelah peserta didik melaksanakan tugas






























5.    Instrumen Penilaian Kognitif

1.        Gaya yang besarnya 5 N pada penghisap yang kecil dari suatu pompa hidrolik dapat mengangkat beban dengan berat 600 N yang terdapat pada penghisap besar. Jika penghisap kecil memiliki luas penampang 4 cm2 maka luas penampang yang besar adalah.....(skor 20 )
2.        Perhatikan gambar berikut. Jika jari-jari pada pipa kecil adalah 4 cm dan jari-jari pipa besar adalah 16 cm, tentukan besar gaya minimal yang diperlukan untuk mengangkat beban 160 kg adalah.....(skor 20 )
3.        Tekanan gauge maksimum pada dongkrak hidrolik adalah 10 atm. Berapa massa maksimum (kg) yang dapat diangkat jika diameter keluaran adalah 20 cm ? (skor 20 )
4.        Perbandingan diameter pipa kecil dan pipa besar dari sebuah alat berdasarkan hukum Pascal adalah 1 : 25. Jika alat hendak dipergunakan untuk mengangkat beban seberat 12000 Newton, tentukan besar gaya yang harus diberikan pada pipa kecil adalah.....(skor 20 )
5.        Seorang anak akan menaikkan batu bermassa 1 ton menggunakan alat seperti yang ditunjukkan pada gambar ! hitung gaya yang diperlukan untuk mengangkat batu tersebut jika luas penampang pipa besar 250 kali luas penampang pipa kecil !(skor 20 )
























Jawaban
1.        Diketahui:
F  = 5 N
F  = 600 N
A  = 4 cm2
Ditanya: A  = ...
Jawab
A  = 480 cm

2.        Pembahasan :
P1
 = P2
        
          
        F = 1600
        F = 1600
        F  (1600)
        F = 100 N


3.        Diketahui :
1 atm = 1,013 x 105 N/m2
ukur = 10 atm = (10)(1,013 x 105 N/m2) = 10,13 x 105 N/m2
F = 10,13 x 105 N/m2
A  = 1 m2
A2 = (3,14)(0,10 m)2 = 0,0314 m2
Ditanya : F2 ?
Jawab :
p = atau
1.013.000 =
F2 = 31.808 N
Massa maksimum :
w = m g
31.808 = m (9,8)
m = 3.245,7 kg

4.        D1 = 1
D2 = 25
F2 = 12000 N



5.        Diketahui :
m : 1000 kg
F  = m g = 1000(10) = 10000 N
A = 250 A
ditanya :
F  . . . .?
Jawab :
P  = P


Komentar

  1. What is a casino that holds more than $5,000? - DrMCD
    A casino with a casino and the amount you winnings depends on whether you 하남 출장안마 win 청주 출장샵 or 김포 출장샵 lose. The amount you 여주 출장마사지 win varies throughout the 세종특별자치 출장샵 gambling

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROJECT FISIKA TEKANAN HIDROSTATIK

RPP 1 FLUIDA STATIS